Tahun Ini Dilarang Upacara Bendera 17 Agustus di Puncak Gunung Slamet

22.24

infoslamet - Gunung Slamet kembali dinyatakan berstatus siaga (level III) oleh PVMBG pada tanggal 12 Agustus 2014 pukul 10.00 WIB. Kenaikan status ini dikarenakan aktivitas Gunung Slamet kembali meningkat sejak Juni 2014. Berdasarkan status Gunung Slamet saat ini dipastikan jalur pendakian Gunung Slamet ditutup untuk sementara. Penutupan ini akan berlangsung sampai dengan keadaan Gunung Slamet kembali normal.

Sejak jalur pendakian ditutup pada bulan Maret 2014 banyak pendaki yang menunggu dan berharap bisa segera melakukan pendakian ke Gunung Slamet, apalagi banyak pendaki yang berencana melakukan pendakian pada 17 Agustus ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya 17 Agustus sudah menjadi seperti ritual untuk melakukan upacara bendera di Puncak gunung. Namun untuk tahun ini dipastikan pendaki harus mengurungkan niatnya untuk melakukan upacara bendera di Puncak Gunung Slamet.

Sampai dengan 12 Agustus 2014 Pos Pengamatan Gunung Api Slamet masih mencatat adanya aktivitas dari puncak Gunung Slamet. Pada 12 Agustus 2014 dari pukul 18.00 sampai dengan 24.00 WIB tercatat 11 kali sinar api dan lontaran lava pijar dengan tinngi 50 - 800m, terdengar 13 kali dentuman sedang sampai kuat, Kegempaan 28 kali gempa letusan dan 100 kali gempa hembusan.

Berdasarkan pengamatan tersebut PVMBG menyatakan Gunung Slamet masih dalam status siaga. Masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tertap beraktivitas seperti biasanya serta mengikutipetunjuk dari pihak yang berwenang.

Share this

Virtual Assistant | Partime DSLR Shoter | Pedagang di @Mavazka | #Poetrygraphy | Videography | Traveling | #iNetpreneur (amin).

Related Posts

Previous
Next Post »